Penjelasan Lengkap Rotasi dan Revolusi Bumi

Penjelasan Lengkap Rotasi dan Revolusi Bumi – Rotasi bumi adalah peredaran bumi yang mengelilingi sumbu atau porosnya dari barat ke timur. Lamanya rotasi bumi disebut dengan kala rotasi yaitu selama 24 jam 56 menit 4 detik adalah disebut satu hari.

Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Akibat perputaran rotasi bumi terjadi beberapa peristiwa yang ada di bumi yaitu:

  1. Terjadinya siang dan malam

Tentu saja, bagian bumi yang menghadap kearah matahari ketika berputar pada porosnya akan mengalami perubahan siang, sebaliknya jika bagian bumu yang membelakangi matahari berputar pada porosnya akan mengalami malam, dalam hal ini akan terjadi secara bergantian yaitu panjang siang dan malam rata-rata sekitar 12 jam. Dan perbedaan waktu siang dan malam akan menjadi lebih panjang pada tempat-tempat tertentu yang jauh dari katulistiwa.

  1. Terjadinya perbedaan waktu diberbagai tempat di muka bumi

Orang yang berada disebelah timur akan mengalami matahari terbit dan terbenam lebih dahulu, karena bumi berputar dari arah baray ke timur. Dan daerah yang berada pada sudut 15 derajat lebih ke timur akan melihat matahari leboh dulu selama 1 jam. Maka terjadi perubahan waktu contohnya seperti di Nusa Tenggara Barat jika matahari telah terbi, maka di Jakarta baru dapat melihat mathari terbit satu jam setelahnya. Jika di Nusa Tenggara Barat pukul 06.00 WITA maka di Jakarta pukul 05.00 WIB

  1. Gerak Semu Harian Bintang

Akibat terjadinya rotasi bumi maka kita yang ada dibumi melihat seolah olah mataharilah yang bergerak berputar ketimur kebarat mengelilingi bumi. Padahal yang terjadi adalah matahari tidak bergerak, bumilah yang bergerak dan berputar mengelilingi matahari mulai dari barat kearah timur. Nah gerak yang tidak sebenarnya ni dinamakan gerak semu harian bintang. Dan disebut gerak semu harian bintang karena kita dapat mengamati setiap hari dan setiap saat. 

Pengertian Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Terjadinya revolusi bumi akibat tarik menarik antar gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi bumi. Kala revolusi bumi dalam satu kali mengelilingi matahari adalah 365 ¼ hari. Bumi berevolusi tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,50 terhadap matahari, dan sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan sumbu rotasi.

Baca Juga:

Pencarian yang sama:

  • rotasi dan revolusi bumi
  • gerak rotasi dan revolusi bumi
  • gambar rotasi dan revolusi bumi
  • makalah rotasi dan revolusi bumi
  • jelaskan rotasi dan revolusi bumi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *