Scroll untuk baca artikel
Tempat Wisata Yogyakarta

Tempat Wisata Goa Sriti Kulon Progo

×

Tempat Wisata Goa Sriti Kulon Progo

Share this article
Goa Sriti

Goa Sriti Kulon Progo – Ya memang tak pernah ada habisnya jika berbicara mengenai wisata-wisata yang ada di Kulon Progo saat ini, daerah Kulon Progo tengah di gemari oleh para wisatawan asing maupun lokal yang berramai-ramai mengunjungi destinasi wisata yang ada Kabupaten Kulon Progo salah satu destinasi wisata di Kulon Progo yang hits hingga saat ini adalah Hutan Mangrove, Waduk Sermo, Air Terjun Pengantin, Waduk Mini Kleci, Kedung Pedut, Kalibiru, Kebun Teh Samigaluh dan masih banyak lagi. Dan yang tak kalah menarik adalah destinasi wisata yang satu ini yaitu Goa Sriti Kulon Progo.

Goa Sriti

 

Goa Sriti adalah salah satu Goa bersejarah yang ada di Kulon Progo dan Goa Sriti dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro, Beliau menggunakan Goa Sriti ini sebagai lokasi taktik grilya dan juga menjadi tempat persembunyian saat melawan penjajahan kolonial Belanda pada tahun 1925-1930. Beliau memimpin perlawanan Belanda yang kemudian dikenal Pangeran Diponegoro sampai saat ini.

Tak cukup sampai di situ Goa Sriti ternyata menjadi saksi dilantiknya Pangeran Diponegoro menjadi Sultan Abdulhamid Herulcokro Amirul Mukminin Sayyidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi. Seperti pada Goa Goa pada umumnya Goa Sriti ketika dilihat dari luarnya tidak begitu menarik, tetapi jika kamu masuk dan menjelajah di dalamnya kamu akan terkejut akan keindahan Goa Sriti di dalamnya banyak terdapat stalatit dan dan stalakmit yang menghiasi dinding Goa, juga akan tercium bau khas Goa yaitu bau lumut yang basah dan lembab.

Baca juga:

Jika berjalan menulusuri Goa Sriti kamu akan mendapati genangan air yang terdapat di dalam Goa, jangan lupa untuk minta di damping petugas dan memakai alat pelindung ya agar keselamatan tetap terjaga , dan Goa Sriti ini tidak terlalu besar tetapi cerita sejarah di balik Goa Sriti inilah yang membuat para wisatawan terutama para pecinta sejarah ingin mengunjunginya.

Lokasi dan Rute Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti berlokasi di Purwoharjo Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta tempatnya tidak jauh dari lokasi Wisata Kebun Teh Samigaluh, Untuk Rute menuju Goa Sriti mudah sekali jika kamu dari Tugu Pal putih Jogja langsung saja menuju kearah barat sampai Kenteng Nanggulan kemudian belok kanan arah Magelang hingga sampai di Dekso, kemudian lanjut sampai Klibawang ambil arah Kiri ikuti arah menuju Samigaluh, kemudian ikuti saja jalan Aspal sampai bertemu Patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk kearah Goa Sriti

Tiket masuk Goa Sriti

Dengan 30.000 rupiah saja kamu bisa berwisata di Goa Sriti dan Goa Sriti buka setiap hari ya..