Wisata Adrenalin Goa Pindul Jogja

Wisata Adrenalin Goa Pindul Jogja Lagi – lagi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi primadona pariwisata bagi sebagian banyak orang. Jika daerah Kabupaten Kulon Progo terkenal dengan keindahan Alam nya yang menakjubkan berbeda halnya dengan Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal dengan wisata pantainya yang ciamik abis.

Goa Pindul Jogja

Di Gunung Kidul selain berwisata pantai kamu juga bisa berwisata yang menguji adrenalin loh, wisata ini telah di resmikan pada bulan Oktober 2010 yaitu Wisata Goa Pindul namanya. Di sini kamu bisa menyelusuri Goa dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah yang berada di dalam Goa, Wahh Asyik ya.

goa pindul

goa pindul cave tubing

Dan aliran sungai di dalam Goa ini langsung bisa kamu temui sejak pertama kamu masuk ke dalam mulut Goa hingga akhir, di dalam Goa Pindul ini terdapat bagian-bagian yang sempit dan hanya bisa di lewati satu ban pelampung saja. Dan biasanya para wisatawan akan bergantian ketika melewati ini.

Baca juga: Panorama Wisata Gunung Ijo Kulonprogo

FYI, Goa Pindul mempunyai panjang sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan Goa sekitar 4 meter. Jika kamu menyusuri Goa Pindul akan memakan waktu 1 jam loh, dan akan berakhir di sebuah Dam, aliran sungai yang terdapat di Goa pindul ini berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Tapi jangan khawatir, di dalam Goa Pindul kamu masih bisa berfoto atau berselfie loh, bahkan kamu bisa berenang dan jangan takut tenggelam ya karena di sini kamu akan di lengkapi dengan pengaman berupa jaket pelampung, dan lain sebagainya untuk melindungi keselamatan para wisatawan.

Baca juga: Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kembang Soka

Selain itu Goa Pindul biasa di gunakan untuk berwisata religi konon Goa Pindul mempunyai banyak mito-mitos yang terkandung di dalamnya seperti mitos batu perkasa dan mitos batu mutiara yang ini sering di incar oleh para wisatawan yang datang.

Ada juga satu tempat yang di anggap sakral dan suci konon katanya dulunya adalah tempat pertapaan dan ini adalah tempat yang paling gelap di Goa Pindul sampai saat ini belum pernah ada sinar matahari langsung yang masuk di sekitar daerah ini biasanya di sebut dengan Zona gelap abadi.

Lokasi dan Rute menuju Goa Pindul

Goa Pindul berlokasi di Desa Bejiharjo, Karangmojo Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Goa Pindul sangatlah mudah Jika kamu berangkat dari Yogya, pastikan kamu menemukan perempatan Ketandan. Lalu ambil arah Jalan Wonosari ( mengarah ke taman Bermain Anak Kids Fun) Ikuti jalur utama tersebut sekitar 15 km kearah Piyungan. Dari Piyungan kamu lurus menuju Bukit Bintang (Kecamatan Patuk) yang berada di atas bukit. Lurus saja sekitar 25 menit.t temui. Sebelum akhirnya kamu akan menemui Hutan Tleseh yang cukup teduh dan sejuk.

Baca juga: Wisata Baru Taman Bendungan Kamijoro di Sungai Progo

Sekitar 500 meter dari hutan Tleseh, kamu akan menemukan perempatan Gading. 20 meter setelahnya kamu akan mememui traffic light di pertigaan yang dikenal dengan pertigaan Gading. Kalau ke arah kanan kamu akan menuju ke Pantai, dan kalau yang  ke kiri atau lurus kamu akan menuju ke Kota Wonosari. Ikuti yang lurus saja hingga kurang lebih 3 km.

Gunakan Google Maps jika kamu tidak mengerti arahan yang diatas ya, dan jangan malu untuk bertanya kepada penduduk lokal , karena penduduk lokal di sana sangat ramah kok. Sebelum itu pastikan kendaraanmu dalam keadaan Fit ya, karena medan perjalanannya akan berkelok2 dan naik turun.

Harga Tiket masuk Goa Pindul

Yang terbaru harga tiket masuk Goa Pindul adalah Rp. 10.000/ orang adalah Tiket retribusi masuk kawasan yang ditarik oleh Dinas Pariwisata kabupaten Gunungkidul. Dan untuk Cave Tubing Goa Pindul harga tiket 50.000 /orang dan akan mendapat fasilitas sebagai berikut:

  •  Jaket pelampung
  • Sepatu karet
  • Ban tubing
  • Pemandu/Guide
  • Armada penjemputan dari objek
  • Asuransi
  • Welcome Drink (Wedhang Pindul)

Nah, sangat menarik kan..