Wisata Kerajaan Tamansari Jogja

Wisata Kerajaan Tamansari Jogja – Ya, jika bicara mengenai Yogyakarta pastilah tidak lepas dari wisatanya yang selalu berhasil memikat para pengunjung, di Daerah Istimewa Yogyakarta ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, ada wisata alam seperti Kalibiru dan Kebun Teh Samigaluh yang berada di kabupaten Kulon Progo, ada juga wisata Pantai seperti Pantai pasir putih salah satunya yang masih asri dan sepi pengunjung adalah Pantai Seruni yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Tetapi jika menyukai berwisata sejarah, kamu bisa mengunjungi salah satunya adalah Pulau Cemeti dan Tamansari, di tempat wisata ini kamu bisa belajar mengenal sejarah Kerajaan Kasultanan Ngayogyakarta lho.

Tamansari Jogja

Nah, bicara mengenai tempat wisata Tamansari, dahulunya tempat ini adalah Kebun dan Taman nya Istana Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Menurit sejarah Kebun ini di bangun pada zaman Sultan Hemengkubuwono I (HB I) pada tahun 1757 – 1765, pada awalnya taman ini memiliki sebutan “The Fragrant Garden” yang memiliki luas kurang lebih 10 hektare dan memiliki sekitar 57 bangunan berupa gedung, kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, danau buatan, pulau buatan dan bahkan lorong bawah air.

Baca juga: Spot Foto Menarik di Gumuk Pasir Jogja

Saat mengunjungi wisata Tamansari ini, kamu akan di suguhi pemandangan khas Kerajaan tempo dulu dengan bangunan klasik yang menyenangkan makanya Tamansari ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Di dalamnya kamu bisa melihat pemandian Para Permaisuri dan Selir Raja pada jaman dahulu, terdapat juga kamar – kamar bekas Kerajaan, lengkap dengan Dapur Kerajaan pada masa itu.

Baca juga: Suasana Ekstrem Goa Gelatik Lorong Sewu Jogja

Jika kamu perhatikan bangunan-bangunan yang ada di tamansari ini sangat kokoh lho, dindingnya sangat tebal dan saat memasuki ruangan demi ruangan kamu akan merasa aman di sini, Ya karena dulunya Tamansari ini juga di jadikan sebagai Benteng Pertahanan terakhir jika Istana di serang oleh musuh.

Lokasi wisata Tamansari

Tamansari ini letaknya tidak jauh dari Keraton dan alun-alun Utara kota Yogyakarta, juga berdekatan dengan titik nol dan Malioboro. Tepatnya di Jl. Tamanan Patehan Keraton Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. wisata tamansari ini mulai beroperasi pada pukul 09.00 WIB.

Tiket Masuk wisata Tamansari

Kamu cukup membayar Rp.10.000 untuk bisa menikmati atmosfir Kerajaan pada zaman dahulu, tidak lupa di tambah uang parkit sebesar Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil.