Tips Cara Mengatasi Cemburu Pada Mantan Terindah

Cemburu dalam sebuah hubungan adalah hal yang sangat wajar dirasakan oleh semua pasangan. Apalagi perasaan cemburu itu berhubungan dengan mantan pacar, alias masa lalu, pasangan kalian. Hal ini memang sudah terbiasa terjadi disekitar kita atau malah anda sendiri yang sekarang sedang merasakanya.

Saya mengerti hari demi hari rasanya berjalan begitu lambat ketika kamu sedang patah hati. Tapi saya yakin kalau kamu bisa melaluinya dengan terus berjalan tanpa berpaling kebelakang. Kalau kalian terus berjalan nih ya guys, tanpa berpaling kebelakang, saya yakin suatu saat nanti kamu sudah berada jauh meninggalkan masa lalu kamu. Dan pastinya kamu siap menyambut masa depan yang lebih bahagia.

Mengatasi Cemburu Pada Mantan

Saya masih inget betul beberapa hari yang lalu bagaimana kondisi saya waktu itu, siang hari rasanya lambat dan penuh beban. Yang parahnya lagi waktu malem pas lagi terbaring diranjang, sendirian di tempat tidur. Semua pikiran melayang ke masa lalu dan membuat hati saya beku, “Tanpa Rasa”.

Seiring dengan berjalannya waktu, memang sih rasa sakit, pedih, dan kecewa sedikit memudar. Tapi ada satu perasaan yang terus menusuk, “Rasa Cemburu“. Pagi, siang, malem pikiran saya dihantui oleh bayangan bahwa mantan saya sedang bersenang-senang dengan pria lain, bermesraan dan melupakan saya. Padahal disaat itu juga saya kangen berat sama dia. Saya gak rela kalau ada pria lain yang deket sama mantan kekasih saya atau malah jadian dengan dia.

Karena rasa cemburu buta saya itulah akhirnya saya melakukan hal-hal bodoh yang sampai hari ini saya sangat menyesal kenapa saya melakukan hal tersebut. Setiap hari saya mengecek social media mantan saya untuk cari tau hubunganya dengan pria lain, Dia lagi pergi kemana, Dia lagi ngapain sekarang dan segala macem lainya.

Dan apa yang saya temukan membuat luka saya yang tadinya hampir sembuh tapi jadi terbuka lagi, terkoyah lagi dan sakit lagi jadinya, berdarah lagi. Yang saya lihat adalah story dia yang mungkin buat orang barunya, Status dia yang online lama dalam pikiran saya waktu itu pasti lagi chat dengan pria lain, Serta foto-foto kenangan bersama saya dia hapus. Sakit banget rasanya.

Karena saya gak bisa mengendalikan rasa cemburu, akibatnya saya harus mengulang proses penyembuhan dari awal lagi. Ini adalah proses yang amat sangat menyakitkan dan membuang-buang waktu. Saya gak pengen kalian mengalami rasa sakit yang pernah saya alami, kalau kata Dilan, “Kamu gak akan kuat, biar aku saja“. Biarkan pengalaman saya menjadi pelajaran berharga buat kalian.

Rasa cemburu datang dari pikiran, hati dan jiwa yang sedang sakit, Yang pasti tidak boleh kalian ledenin. Memang sih sanggat wajar apabila merasa cemburu, karena pasti kamu merasa kalau dia udah jadi milik kamu. Dan sebagai manusia normal kita tidak bisa terima kalau milik kita itu direbut orang, diambil sama orang lain. Jadi ini adalah hal yang sangat manusiawi. Akan tetapi masalahnya kamu juga harus menyadari satu hal yang sangat penting, Satu hal yang harus kalian inget baik-baik waktu berhubungan dengan siapapun dimasa depan.

Kamu TIDAK PERNAH MEMILIKI seseorang! Karena manusia bukanlah barang yang bisa dimiliki, Manusia bukanlah properti, Karena setiap manusia adalah entitas unik yang bebas dan gak bisa dimiliki oleh siapapun. KAMU gak bisa memiliki mantan kamu, sama seperti gak ada seorangpun yang bisa memiliki kamu. Kamu kan bukan hewan peliharaan, bukan barang. Kamu gak dimiliki oleh siapapun. Kamu manusia yang bebas.

Sebenernya selama ini pun kamu tidak pernah memiliki dia, memiliki mantan kamu gitu. Dia hanya mengizinkan dirinya dimiliki oleh kamu sementara. Dan sekarang dia sudah mencabut izinya saat dia meninggalkan kamu. Jadi kalau kamu merasa memiliki dia, itu hanyalah ilusi. Dan itu adalah ilusi yang berbahaya yang dapat merusak diri kamu.

Rasa cemburu datang dari campuran emosi takut dan marah, Takut kehilangan dia dan marah. Karena kamu digantikan orang lain segitu GAMPANGNYA, setelah pacaran lama, setelah dia minta dinikahin kamu sanggupin, setelah kamu siapin semuanya dan tinggal lamaran saja (mungkin yang ada dipikiran dia “Kan bisa buat jodoh yang berikutnya).

Rasa Cemburu timbul karena kurangnya rasa percaya diri dan rasa berharga atas diri sendiri. Ini adalah perasaan yang muncul karena kelemahan kamu sendiri. Bukan dari perbuatan orang lain. Kamu sendiri yang menyebabkan diri kamu merasa cemburu. Karena itulah cuma kamu yang bisa mengatasinya. Tapi saya juga mengakui kalau cemburu itu adalah perasaan yang sangat nyata. Real banget. Nah untuk mengatasinya kamu harus menyadari sepenuhnya beberapa hal dibawah ini.

Manusia Butuh Pelarian

Kalau kamu merasa sakit dan hancur karena putus cinta, ingat baik-baik kalau mantan kamu pasti juga merasakan apa yang kamu rasakan. Oleh karena itu wajar saja apabila kamu dan dia sama-sama mencari orang lain yang bisa dijadikan pelarian, sebagai peredam sakit hati. Sebenernya kamu gak perlu merasa khawatir. Karena siapapun sekarang yang deket dengan dia. Orang itu bukanlah kamu. Orang itu hanyalah bayangan dari diri kamu, Dia hanyalah alat untuk melampiaskan kegalauan yang dirasakan oleh mantan kamu.

Mantan kamu akan selalu membanding-bandingkan kamu dengan orang pengganti itu. Mantan kamu gak akan pernah bener-bener suka sama orang itu, kecuali kalau mantan kamu adalah cewek gampangan. Mantan kamu ga akan pernah bahagia melakukan pelarian ini, atau bisa saja dia cuma dimanfaatkan oleh cowok pelarianya itu. YANG NAMANYA PELARIAN GAK AKAN BIKIN HAPPY. Justru ini adalah kesalahan besar yang akan membuat dia selalu ingat kamu dan memperparah rasa sakit hatinya.

Kamu Hanya Berilusi

Apapun yang kamu pikirin apapun yang bikin kamu cemburu, semua itu kemungkinan besar gak benar-benar terjadi. Semua skenario yang terbayang di kepala kamu, itu semua cuma imajinasi. Kamu harus sadar kalau itu semua mungkin saja gak beneran terjadi. Gak nyata! itu adalah cara otak kamu mencari alasan untuk membenarkan rasa sakit yang kamu rasakan.

Kamu butuh seseorang atau sesuatu untuk dijadikan alasan untuk dijadikan kambing hitam atas rasa sakit yang kamu rasakan. Karena itulah otak kamu menciptakan skenario-skenario yang bisa bikin kamu cemburu, jadi marah, jadi kesel. Membuat kamu merasa berhak untuk kecewa, untuk marah, untuk takut, untuk merasa sakit hati, untuk dendam.

Hubungan Kamu Sudah Selesai

Apapun yang dilakukan mantan kamu, Inget yah! sama sekali gak ada hubungannya lagi sama kamu. Begitu juga sebaliknya, Apapun yang kamu lakukan, gak ada lagi hubungannya sama dia. Jadi mantan kamu berhak melakukan apapun yang dia inginkan. Tanpa harus mikirin kamu. Sama seperti kamu juga berhak melakukan apa saja yang kamu inginkan tanpa mikirin dia. Justru sekarang seharusnya kamu merasa sangat bebas. Bukanya malah terikat dengan rasa cemburu!.

Jadikan Cemburu Sebagai Katalisator Diri

Katalisator¬† istilahnya adalah pemicu. Gunakan rasa cemburu kamu untuk melakukan apa saja yang dapat mengembalikan kebahagiaan diri kamu sendiri. Yang ada dalam pikiran kamu harusnya seperti ini nih, “kalau dia bisa have fun sama orang lain tanpa mikirin gue, berarti gue juga bisa have fun sama orang lain tanpa mikirin dia”. Kalau dia bisa bahagia tanpa gue, berarti gue juga bisa bahagia tanpa dia. Jadi lakukan ini semuanya. Bersenang-senanglah tanpa mikirin dia. Have fun! Berbahagialah tanpa mikirin dia, karena kamu layak untuk bahagia. Go out, have fun, pergi nge-gym, traveling, main kelereng, lakukan apa yang kamu suka, jalanin lagi hobi kamu. Pergi ketemu gebetan-gebetan baru, pergi nge-date, pergi dinner, pergi nonton bareng sama gebetan-gebetan baru, kenal sama temen-temen baru. Mulai lagi nyari cewek lewat instagram mungkin, wkwk. Apapun itu bikin diri kamu happy lagi, tanpa harus memikirkan dia.

Itu adalah Tips Cara Mengatasi Cemburu Pada Mantan Terindah. Sebelumnya admin pernah memposting Saat Hubungan Tidak Direstui Orang Tua, Apa yang Harus Dilakukan? Yah, dan itu real terjadi di kehidupan admin, dan inilah akhirnya dia hanya menjadi mantan saja. Emang sih mantan gw itu gampang banget dipengaruhin orang lain, gampang banget kemakan kata-kata motivasi yang bermunculan di media social dan dia sampai saat ini pun masih terlalu bergantung sama orang tua, masih terlalu ngandelin orang tua, wajar jika dia nurut sama orangtuanya dan itu gak salah ya. Cuman saran admin sih buat semuanya, jadilah mandiri toh kita juga udah besar, jangan apa-apa orang tua, apapun atau berapapun yang bisa kita hasilkan itu lebih baik dari pada minta sama orang tua. Lakukan apa yang lo suka. Lakukan apa yang menurut lo baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *